Apa Itu Annual Report? Tujuan, Fungsi dan Penyusunannya?

 Apa Itu Annual Report? Tujuan, Fungsi dan Penyusunannya?

Annual report adalah bagian penting dan sudah menjadi salah satu keharusan yang dilakukan setiap perusahaan atau organisasi. Struktur annual report setiap perusahaan memang mungkin berbeda-beda, begitu juga jenis dan tujuannya. 

Annual report bisa disebut juga sebagai dokumen yang paling dicari dan ditunggu oleh para pemegang saham. Annual report yang diterbitkan para perusahaan terbuka memang bisa menjadi gambaran mengenai ‘tingkat kesehatan’ dari bisnis yang dijalankannya.

Sebagai contoh  PT BRI Tbk., PT Adhikarya, PT BCA, dan sejenisnya wajib menerbitkan laporan tahunan atau annual report. Laporan ini ditujukan untuk para pemegang saham, internal perusahaan itu sendiri, dan masyarakat yang memerlukannya. 

Lalu apa, sih, yang digambarkan dalam annual report atau laporan tahunan? Laporan ini merupakan rangkuman dari segala kegiatan dan keputusan yang diambil perusahaan selama setahun. Serta rencana masa depan yang akan dilakukan sebuah perusahaan.Dengan demikian, annual report sangat penting bagi para pemegang saham dalam menilai kinerja perusahaan dan membuat keputusan investasi. Annual report juga dapat memberikan informasi yang berguna bagi masyarakat umum dalam memahami kinerja dan arah bisnis perusahaan tersebut. Oleh karena itu, perusahaan harus memperhatikan dan memastikan bahwa annual report yang diterbitkan dapat memberikan informasi yang jelas.

Kalau gitu, seberapa pentingkah Annual Report?

Yuk kita bahas selengkapnya berikut ini:

Dikutip dari Wall Street Mojo, annual report adalah dokumen yang dirilis oleh perusahaan untuk shareholders atau pemegang saham, stakeholders, serta internal dan eksternal. 

Annual Report

Annual report merupakan laporan yang merangkumkan hasil keuangan dari kegiatan perusahaan selama satu tahun. Laporan ini berisi tinjauan manajemen terhadap kondisi keuangan perusahaan dan target di masa depan. Annual report ini biasanya akan ditulis pada akhir tahun fiskal untuk pengguna eksternal (pihak di luar perusahaan yang tidak memiliki peran atau pengaruh langsung pada perusahaan) untuk membeikan informasi keuangan mengenai kegiatan internal perusahaan dan target yang ingin dicapai.

Annual report ini nantinya akan berisi laporan perkembangan dan pencapaian yang diraih oleh sebuah organisasi dalam satu tahun. Data yang akurat merupakan dasar dari sebuah penyusunan laporan tahunan. Annual report akan merangkum laporan keuangan dan prestasi yang dicapai sebuah perusahaan dalam periode satu tahun.

 

Fungsi dari Annual Report

Berikut ini dasar dari fungsi annual report:

-          Informasi pencapaian perusahaan dalam satu tahun terakhir

-          Menggunakan media pemasaran yang kreatif melalui integritas tulisan dan desain

-          Bisa meningkatkan daya tarik perusahaan dimata konsumen

-          Dokumen lengkap yang menyajikan neraca laba rugi perusahaan

-          Menjelaskan jobdesck dan fungsi masing-masing bidang kerja

Menyusun sebuah annual report bukanlah hal yang mudah dan dapat dilakukan dengan ekspress. Biasanya seorang profesional di bidang hubungan masyarakat yang mengetahui detail perusahaan yang ditunjuk sebagai orang yang akan menyusun laporan tahunan.

 

Apa saja yang harus diperhatikan dalam annual report?

-          Laporan yang dibuat akan berfungsi untuk informasi kepada publik terkait dengan prestasi apa saja yang sudah dicapai.

-          Annual report ini akan ditujukan untuk calon investor, analis keungan, karyawan, pemerintah, dan media massa.

-          Menentukan poin-poin penting yang termasuk pesan kunci yang akan disampaikan pada publik.

-          Membuat ulasan yang disertai dengan grafik dan foto dengan desain yang lengkap dan menarik.

-          Mengelompokkan annual report menjadi bagian, seperti ringakasan keuangan, surat kepada pemegang saham, operasi perusahaan, perkembangan perusahaan, pernyataan keuangan, dan informasi seputar karyawan dan direksi perusahaan.

-          Menyertakan komentar pimpinan perusahaan untuk menunjukkan bahwa manajemen memiliki komitmen dalam memenuhi visi dan misi perusahaan.

 

Batasan atau Limitasi

Walaupun telah menjadi standar dan keharusan dari setiap organisasi atau perusahan, masih ada batasan dari annual report ini yaitu:

 

-          Annual report sangatlah komprehensif namun tidak selalu lengkap. Terkadang annual report atau laporan dibuat untuk sebatas pelaporan wajib.

-          Seringkali annual report dibuat untuk menarik investor sehingga sudut pandang serta bagaimana laporan tahunan ini ditulis dibuat semenarik dan sebaik mungkin.

-          Karena annual report dibuat berdasarkan kinerja pada masa yang sudah lewat (satu tahun ke belakang) membuat kinerja di masa depan tidak selalu bisa terukur dengan baik.

 

Bagian-Bagian Annual Report

Apa saja yang harus ada dalam annual report? Mengenai bentuk dan isi dari annual report diatur oleh Keputusan Ketua Bapepam No KEP-431/BL/2012 tahun 2012 tentang Penyampaian Laporan Tahunan Emiten atau Perusahaan Publik yang bisa kamu akses di sini.

 

Bentuk penyajiannya tentu saja bisa dikreasikan, namun isi dan item yang dilaporkan harus berisikan hal-hal di bawah ini sesuatu ketentuan peraturan tersebut.

 

a.      Ketentuan Umum

Annual report wajib menampilkan:

-          ikhtisar data keuangan penting,

-          laporan Dewan Komisaris,

-          laporan Direksi,

-          profil perusahaan,

-          analisis dan pembahasan manajemen,

-          tata kelola perusahaan,

-          tanggung jawab sosial perusahaan,

-          laporan keuangan tahunan yang telah diaudit, dan

-          surat pernyataan tanggung jawab Dewan Komisaris dan Direksi atas kebenaran isi laporan tahunan.

-          Tentang penyajian bahasa wajib menggunakan bahasa Indonesia. Jika dialihbahasakan, dalam dokumen terpisah ataupun tidak, harus menampilkan informasi yang sama,

Tampilannya harus mudah dibaca. Jika terdapat gambar, grafik, tabel, dan diagram harus disajikan dengan judul dan/atau keterangan yang benar-benar jelas. Laporan tahunan wajib dicetak di atas kertas berwarna terang dengan kualitas baik, ukuran A4, dijilid, dan bisa difotokopi dengan hasil yang jelas.

 

b.      Ikhtisar Data Keuangan Penting

Data keuangan penting yang disajikan harus dalam bentuk perbandingan selama 3 (tiga) tahun buku atau sejak memulai usahanya. Lengkapi dengan mencantumkan informasi tentang saham yang diterbitkan setiap triwulan dalam 2 (dua) tahun buku terakhir (jika ada).

Jika ada pemecahan saham (stock split), penggabungan saham (reverse stock), dividen saham, saham bonus, dan penurunan nilai nominal saham, informasi harga saham wajib ditambahkan penjelasan.

Nah, kalau perusahaan menyetop penjualan saham, annual report harus mencantumkan alasannya beserta tindakan-tindakan yang dilakukan perusahaan untuk menyelesaikanya.

 

c.       Laporan Dewan Komisaris

Laporan Dewan Komisaris menampilkan penilaian terhadap kinerja Direksi mengenai pengelolaan perusahaan, pandangan atas prospek usaha perusahaan yang disusun oleh Direksi, dan perubahan komposisi anggota Dewan Komisaris dan alasan perubahannya (jika ada).

 

d.      Laporan Direksi

Laporan Direksi menampilkan kinerja perusahaan, yang mencakup antara lain kebijakan strategis, perbandingan antara hasil yang dicapai dengan yang ditargetkan, dan kendala-kendala yang dihadapi perusahaan; gambaran tentang prospek usaha; penerapan tata kelola perusahaan; dan perubahan komposisi anggota Direksi dan alasan perubahannya (jika ada).

 

e.      Profil Perusahaan

Profil perusahaan setidaknya memuat hal-hal sebagai berikut:

-          nama, alamat, nomor telepon, nomor faks, e-mail, dan website;

-          riwayat singkat perusahaan;

-          kegiatan usaha perusahaan menurut Anggaran Dasar terakhir, serta jenis produk dan/atau jasa yang dihasilkan;

-          struktur organisasi perusahaan dalam bentuk bagan, paling kurang sampai dengan struktur satu tingkat di bawah Direksi, disertai dengan nama dan jabatan;

-          visi dan misi perusahaan;

-          profil Dewan Komisaris;

-          profil Direksi;

-          jumlah karyawan dan deskripsi pengembangan kompetensinya

-          uraian tentang nama pemegang saham dan persentase kepemilikannya pada akhir - tahun buku

-          informasi mengenai pemegang saham utama dan pengendali Emiten atau Perusahaan Publik yang disajikan dalam bentuk skema atau diagram;

-          nama entitas anak, perusahaan asosiasi, perusahaan ventura bersama

-          kronologis pencatatan saham dan perubahan jumlah saham dari awal pencatatan hingga akhir tahun buku.

-          kronologis pencatatan Efek lainnya dan peringkat Efek (jika ada);

-          nama dan alamat perusahaan pemeringkat Efek (jika ada);

-          nama dan alamat lembaga dan/atau profesi penunjang pasar modal.

-          penghargaan dan sertifikasi yang diterima perusahaan baik yang berskala nasional maupun internasional dalam tahun buku terakhir (jika ada).

 

f.        Analisis dan Pembahasan Manajemen

Laporan tahunan wajib menampilkan uraian yang membahas dan menganalisis laporan keuangan. Serta deskripsi atas informasi penting lainnya pada perubahan material yang terjadi dalam tahun buku.

 

g.      Tata Kelola Perusahaan (Corporate Governance)

Tata kelola perusahaan menampilkan penjelasan tentang: pelaksanaan tugas; pengungkapan prosedur, dasar penetapan, dan besarnya remunerasi anggota; pengungkapan kebijakan perusahaan dan pelaksanaannya, tentang frekuensi; rapat keputusan RUPS tahun sebelumnya dan realisasinya pada tahun buku, serta alasan dalam hal terdapat keputusan yang belum direalisasikan; dan pengungkapan kebijakan perusahaan.

 

Item-item di atas dijelaskan untuk masing-masing peran di bawah ini:

-          dewan komisaris,

-          direksi,

-          komite audit dan komite lainnya,

-          sekretaris perusahaan, dan

-          unit audit internal.

Serta uraian tugas dan fungsi yang dilakukan oleh peran-peran berikut ini:

-          sekretaris perusahaan,

-          unit audit internal,

-          sistem pengendalian internal, dan

-          sistem manajemen risiko.

h.      Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility)

Bahasan mengenai tanggung jawab sosial perusahaan meliputi kebijakan, jenis program, dan biaya yang dikeluarkan, antara lain terkait aspek: lingkungan hidup; praktik ketenagakerjaan, kesehatan, dan keselamatan kerja; pengembangan sosial dan kemasyarakatan; serta tanggung jawab produk.

 

i.        Laporan Keuangan Tahunan yang Telah Diaudit

Laporan keuangan yang dimuat dalam annual report wajib disusun sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) di Indonesia yang telah diaudit oleh Akuntan.

 

j.        Tanda Tangan Dewan Komisaris dan Direksi

Annual report wajib ditandatangani oleh seluruh anggota Dewan Komisaris dan Direksi yang sedang menjabat.

 

Dibubuhkan pada lembaran tersendiri yang dilengkapi dengan mencantumkan pernyataan bahwa anggota Dewan Komisaris dan Direksi bertanggung jawab penuh atas kebenaran isi dari annual report.

Setelah semua sudah disusun sedemikian rupa, barulah sampai ke tahapan me-layout tampilan Annual Report menjadi lebih menarik untuk dibaca. Dengan begitu, Annual Report dapat menjadi media yang efektif dalam menyampaikan informasi kepada para stakeholders. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk memperhatikan desain dan tata letak Annual Report agar lebih menarik dan mudah dipahami oleh pembaca.

Selain itu, desain Annual Report juga dapat mempengaruhi persepsi dan citra perusahaan di mata publik. Jika tampilan Annual Report terlihat kaku dan membosankan, maka dapat membuat pembaca merasa tidak tertarik untuk membacanya. Sebaliknya, jika tampilan Annual Report menarik dan kreatif, maka dapat meningkatkan minat pembaca untuk membaca dan memahami informasi yang disampaikan. Oleh karena itu, perusahaan perlu mempertimbangkan desain Annual Report sebagai salah satu media untuk mewakili citra perusahaan dimata para stakeholder dan masyarakat.

 

Dibuthkan desainer handal yang berpengalaman dalam pembuatan Annual Report yang konsisten & menarik, untuk itu perkenalkan kami, ERTU Design sebagai partner perusahaan anda dalam penyusunan Annual Report perusahaan Anda . Kami memiliki tim desainer yang handal dan berpengalaman dalam pembuatan Annual Report yang konsisten dan menarik. Kami siap membantu perusahaan Anda dalam menyusun Annual Report yang dapat meningkatkan citra perusahaan di mata publik dan para stakeholder. Hubungi kami di 082122234201 atau kunjungi website kami di www.ertudesign.com

.

.

.

Sumber:

1.      https://ivosights.com/read/artikel/annual-reportfinancial-statement-perbedaan-yang-perlu-anda-ketahui#:~:text=Annual%20report%20biasanya%20mencakup%20financial,ekuitas%2C%20dan%20laporan%20arus%20kas.

2.      https://glints.com/id/lowongan/annual-report-adalah/#.ZHaxkHZBxhE

3.      https://majoo.id/solusi/detail/annual-report

4.       

 

Komentar

Postingan Populer